Hal yang Terjadi Pada Tubuh Selama Masa Nifas

Masa nifas merupakan masa yang akan dihitung ketika seorang ibu sudah melahirkan hingga 6 minggu setelah proses persalinan berlangsung. Nah, di masa 6 minggu ini biasanya akan terjadi beberapa perubahan pada tubuh Anda, sehingga beberapa organ yang berperan selama masa kehamilan akan kembali seperti sedia kala sebelum wanita tersebut hamil.

Apa yang terjadi pada tubuh selama masa nifas?

Ada beberapa hal yang akan terjadi pada tubuh Anda selama masa nifas, diantaranya yaitu sebagai berikut:

  1. Rasa sakit pada payudara dan keluarnya ASI

Beberapa hari setelah proses persalinan dan selama masa nifas, biasanya Anda akan merasakan bagian payudara yang terasa sangat kencang serta membengkak. Ketika hal tersebut terjadi, maka Anda bisa menyusui si kecil dengan menggunakan pompa ASI, yang mana hal ini bertujuan untuk menghilangkan rasa ketidak nyamanan di bagian payudara Anda.

Anda juga bisa menggunakan kompres dengan menggunakan air hangat ketika hendak menyusui, atau bahkan ketika Anda tidak menyusui. Anda bisa mengompres bagian oayudara Anda dengan menggunakan lap dingin. Jika rasa sakit yang muncul tidak bisa Anda tahan, maka Anda bisa meminta saran dokter untuk mengatasi kondisi ini.

  1. Rasa tidak nyaman pada vagina

Perasaan tidak nyaman di bagian vagina akan Anda rasakan di masa nivas, terutama jika Anda melahirkan secara normal. Hal ini bisa saja terjadi karena adanya robekan di sekitaran vagina, yang mana dikarenakan bagian vagina tidak cukup untuk mengeluarkan buah hati Anda

Namun Anda tidak perlu khawatir, karena kondisi ini akan sangat tergantung pada tingkat keparahan, bahkan luka di area vagina ini bisa sembuh dengan waktu yang cukup singkat, bahkan bisa sembuh dalam kurun beberapa minggu hingga beberapa bulan saja.

  1. Kontraksi

Selama beberapa hari setelah Anda melahirkan, mungkin Anda akan mengalami kontraksi. Kontraksi ini biasanya akan akan terjadi di masa nifas serta memiliki manfaat atau berfungsi untuk mencegah terjadinya pendarahan yang berlebih, dengan cara menekan bagian-bagian pembuluh darah yang mana berada di sekitaran Rahim. Kontraksi yang Anda rasakan ketika nifas umumnya menyerupai nyeri ketika Anda menstruasi.

  1. Kesulitan buang air kecil

Terjadinya pembengkakan serta adanya luka di bagian jaringan yang mana terdapat di sekitaran kandung kemih dan juga uretra bisa membuat Anda merasa kesulitan ketika buang air kecil. Terjadinya kerusakan pada bagian syaraf serta otot yang terhubung pada bagian kandung kemih atau uretra ini juga bisa menyebabkan Anda mengeluarkan urin tanpa Anda sadari.

  1. Rambut rontok dan perubahan pada kulit

Ketika Anda tengah hamil, biasanya beberapa hormon akan mengalami peningkatan, yang mana bisa menyebabkan berkurangnya kerontokan pada rambut. Namun setelah Anda melahirkan dan memasuki masa nifas, kondisi rambut yang tidak romtok di masa kehamilan bisa saja mengalami kerontokan, sehingga kondisi ini kerap kali membuat para ibu menjadi sangat khawatir.

Bukan hanya rambut, karena kehamilan juga dapat mempengaruhi kondisi kulit Anda. Kondisi stretch mark yang umumnya muncul ketika masa kehamilan nyatanya tidak akan sepenuhnya hilang di masa nifas, namun warnanya akan semakin memudar dari warna merah hingga menjadi warna putih.

  1. Perubahan emosi

Perubahan emosi juga kerap kali dialami selama masa nifas, jadi jangan heran jika Anda mengalami perubahan mood yang secara tiba-tiba.

Leave a Reply

Your email address will not be published.